RSS

Info per 18 April 2016, Pra SK, info terbaru tentang sergur 2016

18 Apr

Assalamualaikum wr wb..
Berikut kami sampaikan beberapa informasi :
1. Data Guru yang sudah ber SKTP per 18 April 2016 bisa di download disini >>rekap-data-pra-sk-20160418-All Jenjang Alhamdulillah jenjang TK dan Dikdas mencapai 90 % sedangkan Jenjang Dikmen dari 20% hari ini mencapai 50%, bagi yang belum harap perhatikan data dapodiknya…

2.

Sehubungan dengan adanya perubahan persyaratan Calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2016 maka dengan ini kami dapat informasikan beberapa persyaratan terbaru dan berkas yang dikumpulkan.  Diantaranya :

  1. Bagi Calon Peserta yang sudah masuk verifikasi penambahan berkas dapat dilakukan pada saat panggilan PLPG.
  2. Pembetulan data TMT, Pangkat dan Golongan, Ijazah dan Unit kerja dapat dilakukan di Dinas Pendidikan paling lambat hari Rabu tanggal 20 April 2016 dengan membawa bukti yang ada
  3. Bagi Peserta yang kondisi penghapusan telah dikembalikan sebagai data belum verifikasi dan akan kami lakukan verifikasi ulang dengan pesyaratan yang ada ada dibawah ini langsung datang ke dinas pendidikan dengan membawa tambahan berkas yang kami infokan paling lambat hari Rabu tanggal 20 April 2016 ( rekap data belum verifikasi dapat didownload di sini >>Calon Peserta Sergur Belom Verifikasi 18 April 2016)
  4. Bila sampai tanggal 20 April 2016 peserta yang tidak melakukan verifikasi data maka akan dilakukan penghapusan dari calon Peserta Sertifikasi Guru tahun 2016
  5. Penambahan data calon peserta sergur 2016 dapat dilayani sampai hari Rabu tanggal 20 April 2016 sesuai dengan persyaratan yang ada seperti NUPTK, Nilai UKG, Lineritas dll
  6. Contact Person ( SONY – 081217067879/ Group FB: Warkop PTK Kab Gresik)

 

Persyaratan Peserta

  1. Guru yang diangkat sebelum 31 Desember 2005
  2. Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  4. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki ijin penyelenggaraan.
  5. Memiliki status sebagai guru tetap dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru PNS/Guru Tetap (GT). Bagi GT bukan PNS pada sekolah swasta, SK Pengangkatan dari yayasan minimum 2 tahun berturut-turut pada yayasan yang sama dan Akte Notaris pendirian Yayasan dari Kementerian Hukum HAM. Sedangkan GT bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan dari pejabat yang berwenang (Bupati/Walikota/Gubernur) minimum 2 tahun berturut-turut.
  6. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 2 tahun terakhir.
  7. Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik dengan kondisi sebagai berikut.
    • Guru PNS yang sudah dimutasi sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama.
    • Guru PNS/guru tetap non PNS yang memerlukan penyesuaian sebagai akibat perubahan kurikulum.
  8. Pada tanggal 1 Januari 2017 belum memasuki usia 60 tahun.
  9. Telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015.
  10. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
  11. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan diangkat menjadi pengawas satuan pendidikan sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
  12. Penetapan bidang studi sertifikasi pola  PLPG bagi guru yang diangkat sebelum 31 Desember 2005, mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    • sesuai dengan ijazah S-1/D-IV (linier), sesuai dengan Lampiran 1,
    • bagi guru yang memiliki ijazah S-1/D-IV tidak sesuai dengan bidang studi yang akan disertifikasi (tidak linier) dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, dan wajib memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun terakhir secara berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.

 

  1. Guru yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai dengan 31 Desember 2015.
  1. Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Memiliki NUPTK.
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki ijin penyelenggaraan.
  4. Memiliki status sebagai guru tetap dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru PNS/Guru Tetap (GT)/guru tetap yayasan (GTY) pada yayasan yang sama. Khusus bagi GTY melampirkan Akte Notaris pendirian Yayasan dari Kementerian Hukum HAM.
  5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 2 tahun terakhir.
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah.
  7. Memenuhi skor minimal UKG yang ditetapkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG).
  8. Penetapan bidang studi sertifikasi pola PLPG bagi guru yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai 31 Desember 2015 mengikuti ketentuan sebagai berikut:
  • sesuai dengan ijazah S-1/D-IV kependidikan, linier dengan mata pelajaran yang diampu/guru kelas,
  • guru SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK yang berkualifikasi S1/D-IV non-kependidikan, linier dengan mata pelajaran yang diampu, yang sudah memiliki masa kerja minimal 5 tahun terakhir berturut-turut,
  • guru SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK yang berkualifikasi S1/D-IV kependidikan serumpun dengan mata pelajaran yang diampu, yang sudah memiliki masa kerja minimal 5 tahun terakhir berturut-turut,
  • guru TK/RA/PAUD yang berkualifikasi S1/D-IV rumpun kependidikan selain PGTK/PGPAUD dan Psikologi telah mengajar sebagai guru kelas TK/RA/PAUD minimal 5 tahun terakhir berturut-turut,
  • guru SD/MI yang berkualifikasi S1/D-IV rumpun kependidikan selain PGSD dan Psikologi telah mengajar SD/MI minimal 5 tahun terakhir berturut-turut,
  • guru TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB/SLB/SKH:
    1. berkualifikasi S1/D-IV Pendidikan Luar Biasa/Pendidikan Khusus,
    2. rumpun kependidikan lain yang telah mengajar sebagai guru TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB/SLB/SKH selama minimal 5 tahun terakhir berturut-turut,
    3. guru penyandang disabilitas dengan kualifikasi pendidikan S1/D-IV non-kependidikan, linier dengan mata pelajaran yang diampu, dan telah mengajar minimal 5 tahun terakhir berturut-turut.

 

Berkas bagi Calon Peserta Sertifikasi tahun 2016 Pola PLPG

Bagi calon peserta yang memilih pola PLPG harus menyiapkan berkas sebagai berikut:

  1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/ Kota.
  2. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir S1/D-IV dan ijazah D-I/D-II/D-III (jika ada) yang telah dilegalisasi dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Fotokopi ijazah dari perguruan tinggi negeri/swasta dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah tersebut.
    2. Fotokopi ijazah dari perguruan tinggi swasta yang sudah tidak beroperasi harus dilegalisasi oleh kopertis.
    3. Fotokopi ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Belmawa.
  3. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru sampai dengan SK pengangkatan/pangkat/ golongan terakhir yang dilegalisasi oleh atasan langsung ( Untuk sekolah Negeri Legalisir Kepala Sekolah & Untuk sekolah swatsa legalisir kepala Yayasan)
  4. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung, khusus bagi guru yang S-1/D-IV yang tidak linear dengan mata pelajaran yang diampu wajib melampirkan SK pembagian tugas mengajar 5 (lima) tahun terakhir secara berturut-turut. (Legalisir Kepala Sekolah)
  5. Ijin belajar dari BKD (bagi yang memerlukan)
  6. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar (enam bulan terakhir dan bukan polaroid), di bagian belakang
  7. Pakta Integritas bermaterai
  8. Keterangan sehat dari dokter

Calon Peserta Sertifikasi 2016 ini masih berstatus ” Calon” , belum menjadi peserta menunggu kuota dan perangkingan nasional.

Draft Buku 1 Pedoman Penetapan peserta Sergur 2016 revisi 11 April 2016 bisa disinibuku_ 1_rev110416D , semoga segera di tetapkan dan tidak ada perubahan lagi. kami harap maklum…

 
12 Comments

Posted by on April 18, 2016 in Uncategorized

 

12 responses to “Info per 18 April 2016, Pra SK, info terbaru tentang sergur 2016

  1. Itha

    April 18, 2016 at 5:44 pm

    aslmlkm,, trus gimana yg TK siap SK awal pak yg no rek tertulis nuptk,,yg sampai sekarang blum cair,,,
    mhon pencerahannya,, makasih

     
  2. Achmad

    April 18, 2016 at 5:45 pm

    Saya ngajar SD mulai 2006,S1 pendidikan matematika,apa udh linear dengan Persyarat linear SD?

     
  3. abdul muhith

    April 18, 2016 at 10:58 pm

    Mohon maaf sebelumnya, data saya yang ada di sktp itu tdk benar (gol. IV/a , gaji juga tdk benar), bagaimana Mas Arif cara membetulkannya?

     
  4. Heri

    April 20, 2016 at 7:40 am

    Keterangan di atas tdk terdapat syarat jam mengajar, apakah syarat 24 jam mengajar masih berlaku?

     
  5. endah purwani

    April 20, 2016 at 9:02 am

    Asssalamualaikum. saya guru SLB dengan masa kerja 10 Th, Ijazah terakhir saya S1 Matematika mengajar di SMPLB selama ini saya sering di suruh pemberkasan dalam sertifikasi tapi hasilnya tidak perna lolos dalam verifikasi. kendalanya katanya tidak linier. saya perna tanya ke teman saya pada waktu itu ada pelataihan Dapodik di daerah jember. Setelah saya crita masalah sertifikasi saya Apakah saya harus pindah ke sekolah umum atau menempuh kuliah lagi ? ternyata jawabannya tidak harus pindah sekolah atau kuliah . Saya di beri solusi bahwa saya tetap mengajar di SMPLB dengan mata pelajaran yang di ampuh yaitu Matematika dan Bidang yang disertifikasikan harus Matematika bukan PLB . Tapi selama ini bidang yang disertifikasikan di database saya tertulis PLB.
    Mohon sarannya bagaimana cara mengubah database saya agar bidang yang disertifikasikan tertulis Matematika bukan PLB sehingga saya bisa ikut UKG di SMP UMUM dengan mata pelajaran yang saya ampuh yaitu Matematika karena sudah 2 kali saya ikut UKG PLB.
    Teman saya ada yang ngajar di SLB guru olah raga dengan masa kerja 5 th sudah sertifikasi ikut PLPG di OLah Raga UMUM walaupun tempat mengajarnya di SLB, Tapi mengapa saya tidak bisa sertifikasi seperti teman saya ?

     
  6. a5audw

    April 20, 2016 at 3:15 pm

    Assalamu,alaikum.pak,pada jumlah jam di dapodik itu sudah sesuai tapi liniernya masih kosong, padahal sudah dicek operator pengisian per kelas sudah benar semua,bagaimana solusinya pak?. dan bagaimana cara mengisi no. bank yang masih kosong?

     
  7. muhithblog

    April 21, 2016 at 5:49 am

    Assaamu’alaikum, Pak, data SKTP saya tdk benar mengenai golo. dan gaji. Bagaimana cara memperbaikinya? sebab, saya sudah memperbaiki lewat dapodik tetapi data yang muncul masih tetap salah. mohon infonya Pak.

     
    • muhithblog

      April 21, 2016 at 5:36 pm

      Assaamu’alaikum, Pak, data SKTP saya tdk benar mengenai golo. dan gaji. Bagaimana cara memperbaikinya? sebab, saya sudah memperbaiki lewat dapodik tetapi data yang muncul masih tetap salah. mohon infonya Pak.

       
  8. Abdul Muhith

    April 21, 2016 at 5:42 pm

    Mohon maaf sebelumnya, saya (Abdul Muhith, dari SMKN 1 Duduksampeyan) , saya mau tanya bahwa data saya mengenai gol. II/c dan gaji yang 2,1 jt yang ada di sktp itu tdk benar. yang benar adalah (gol. IV/a , gaji 4,339), bagaimana Mas Arif, cara membetulkannya?

     
  9. Edelbertusjaya

    September 13, 2016 at 10:07 pm

    Sy Edelbertus Jaya no peserta 201500529987,nilai ukg 77,38 ,pns tmt guru 07 juli 2007 ,S1 bhs inggris ttp tidak masuk kuota sergur pola plpg 2016

     
    • arifsheva

      September 21, 2016 at 2:20 pm

      kemungkinan dari nilai UKG na… soalnya rata2 di kab gresik yg TMT diatas 2005 yg masuk kuota nilainya diatas 80

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: